Apa itu Google AdSense ? - Kang Tutor

Apa itu Google AdSense ?

Google AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik. (Sumber: Wikipedia).

Apa itu Google AdSense ?

Bagaimana cara kerja Google Adsense ?

Cara kerja google adsense cukup sederhana, publisher yang sudah disetujui oleh google adsense, diizinkan untuk memasang iklan AdSense pada blog atau pada youtube video miliknya, iklan adsense akan tampil pada halaman blog yang mereka miliki, ketika pengunjung mengklik iklan yang mereka pasang, Pihak google adsense akan membayar si publisher senilai biaya perclick untuk iklan yang bersangkutan biaya untuk setiap klik pada iklan disebut Cost Per Click (CPC), uang yang dibayarkan biasanya berbentuk mata uang dolar dan akan dibayarkan melalu akun rekening virtual google adsense milik publisher, publisher akan bisa mencairkan uang tersebut ketika jumlah uang tersebut sudah melebihi ambang pembayaran, biasanya ketika rekening kita sudah terkumpul minimal sejumlah 100$.

Pengertian akun Adsense Hosted dan Non Hosted

1. Akun adsense hosted adalah akun adsense yang terkait dengan situs web mitra host adsense atau disebut pihak ketiga. Jadi akun hosted ini didapat oleh publisher yang mendaftar adsense melalui youtube, blogger dan hubpages. Akun adsense hosted hanya bisa digunakan untuk menampilkan iklan di mitra host atau pihak ketiga saja, yaitu youtube dan blogspot. Akun hosted akan ditandai di akun adsense sebagai mitra host.

2. Akun adsense non hosted adalah akun adsense yang tidak terkait dengan situs mitra host adsense atau tanpa pihak ketiga. Akun non hosted ini bisa langsung digunakan untuk menampilkan iklan adsense di situs apapun milik publisher. Untuk mendapatkan akun adsense non hosted ini caranya adalah dengan mendaftar adsense menggunakan situs yang dihosting sendiri atau hosting blogger namun menggunakan domain TLD atau custom domain. Artinya publisher harus menghilangkan domain blogspot dan menggantinya menjadi dot com.

Bagaimana cara menjadi Publisher Google Adsense ?

Untuk bisa menjadi publisher google adsense kita harus mengajukan pendaftaran pada google adsense, syarat utama untuk menjadi publisher salah satunya kita harus memiliki halaman situs atau blog, pengajuan google adsense bisa dibilang gampang-gampang susah tergantung dari blog yang kita daftarkan, biasanya team adsense akan mereview blog yang kita daftarkan, review  biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai dengan 7 hari, jika berhasil blog yang kita daftarkan akan diterima sebagai publisher google adsense, namun tidak sedikit para calon publisher yang ditolak mentah-mentah oleh team google adsense, sebaiknya sebelum daftar kita harus banyak membaca referensi bagaimana cara mudah diterima google adsense.

Apa yang harus dilakukan setelah diterima Google Adsense ?

Jika kita berhasil diterima google adsense, kita akan diberi akun khusus google adsense yang bisa kita sambungkan atau integrasikan dengan blog, jika daftar google adsense melalui blog, secara otomatis akun google adsense akan terintegrasi dengan blog yang kita daftarkan, dalam akun adsense akan disediakan macam-macam iklan yang bisa kita pasang pada blog kita, pemasangan unit iklan adsense tidak terlalu sulit, kita ambil kode unit iklan adsense yang bisa kita pilih pada halaman akun adsense, kemudian kode unit iklan adsense tersebut kita tempel pada template atau widget blog kita, akun adsense akan muncul silih berganti dengan otomatis, kita tinggal nunggu pengunjung mengklik iklan tersebut.

Tugas kita setelah berhasil memasang iklan google adsense pada blog adalah menjaring pengunjung organik sebanyak-banyaknya, karena semakin banyak pengunjung maka peluang klik pada iklan yang kita pasang akan semakin banyak. Namun jangan sekali-kali kita mengklik iklan sendiri atau memberitahukan teman untuk mengklik iklan adsense yang kita pasang pada blog kita, itu adalah hal yang dilarang dan itu dianggap ilegal, itu bisa mengakibatkan klik froud, atau klik ilegal, jika terdeteksi kemungkinan akun google adsense kita bisa kena banned.

Mungkin artikel tentang Apa itu Google AdSense ? bisa membuat kalian mengenal apa itu google adsense, namun perlu diingat lagi jangan sekali-sekali klik iklan sendiri, karena bisa menyebabkan akun adsense terkena banned. Jika artikel ini bermanfaat, share artikel ini ke social media kalian ya hehe, terimakasih.
0 Komentar untuk "Apa itu Google AdSense ?"

- Komentar harus sesuai dengan topik.
- Dilarang menyisipkan link aktif di komentar.
- Dilarang promosi sebuah produk atau jual beli.
- Dilarang berkomentar yang mengandung unsur SARA.

Klik Emoticon : :) :)) ;(( :-) =)) ;( ;-( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Back To Top