Pengertian Blog dan Fungsinya - Kang Tutor

Pengertian Blog dan Fungsinya

Ini adalah postingan pertama Kang Tutor tentang blog. Kali ini saya akan memberitahukan kepada kalian Pengertian Blog dan Fungsinya, pasti banyak di luar sana yang ingin mengetahui lebih tentang Blog. Untuk itu langsung saja kita bahas mengenai Pengertian Blog dan Fungsinya.

Pengertian Blog dan Fungsinya
Pengertian Blog dan Fungsinya
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Blog biasanya menggunakan suatu platform atau sistem penerbit yang dirancang khusus untuk konten dinamis dan terdapat beberapa fitur standar didalamnya. Seperti menu / navigasi, link, widget dan tempat komentar yang digunakan untuk meningkatkan interaksi penulis dan pengunjung.

Sekarang kita beralih ke fungsinya, Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dan lainnya. Ada berbagai macam fungsi blog lainnya, yaitu:

Sebagai Media Pribadi (Subjektif)
Fungsi blog ini yaitu blog yang mempunyai artikel tentang keseharian atau diary pemilik blog itu sendiri. Seperti: pengalaman hidup, curahan hati, kejadian sehari-hari, dan semata-mata hanya untuk kepentingan diri saja. Biasanya blog ini hanya boleh dilihat oleh beberapa orang saja, seperti: orang tua, teman, keluarga, ataupun kerabat.

Sebagai Media Bisnis atau Usaha
Blog dengan niche bisnis biasanya digunakan untuk melakukan aktivitas atau kegiatan usaha seseorang, seperti: menawarkan produk-produk dagangannya melalui blog. Dan juga bisa menawarkan jasa, seperti: jasa pasang iklan di blog, toko online, dan masih banyak lagi blog bisnis dan usaha lainnya.

Berbagi Ilmu dan Informasi
Contohnya seperti blog Kang Tutor, blog yang berguna sebagai sarana berbagi Ilmu dan Informasi kepada umum. Jenis blog seperti ini sangat bagus, karena lebih mengutamakan para pembacanya. Misalnya, kalian memiliki sebuah pengetahuan tentang blog atau lainnya, maka tidak ada salahnya kalian berbagi ilmu kepada para pembaca melalui sebuah blog.

Sebagai Media Promosi dan Pengiklanan
Jenis blog ini lebih diperuntunkan kepada pemilik blog yang ingin menawarkan barang, jasa, maupun produk dangangan orang lain dalam blog kita. Maksud dan tujuan dari blog jenis ini adalah untuk mendapatkan sebuah upah dari orang yang sudah kita promosikan.

Tentunya masih banyak fungsi-fungsi blog lainnya. Diatas merupakan sebagian saja, karena fungsi blog sendiri itu tergantung pada pemilik blog itu sendiri. Namun perlu diketahui, ada juga blog yang berisi tentang Konten Dewasa, Perjudian, dan konten negatif lainnya. Blog seperti itu tidak pantas untuk dicontoh.

Cukup sekian untuk pembahasan mengenai Pengertian Blog dan Fungsinya , semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin mengetahui tentang Blog. Apabila artikel ini bermanfaat alangkah baiknya kalian membagikan artikel ini kepada teman-teman kalian, terimakasih.
0 Komentar untuk "Pengertian Blog dan Fungsinya"

- Komentar harus sesuai dengan topik.
- Dilarang menyisipkan link aktif di komentar.
- Dilarang promosi sebuah produk atau jual beli.
- Dilarang berkomentar yang mengandung unsur SARA.

Klik Emoticon : :) :)) ;(( :-) =)) ;( ;-( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Back To Top